5 Rahasia Agar Kulit Terawat dan Tak Kering Saat Puasa

08 May 2019 by
5 Rahasia Agar Kulit Terawat dan Tak Kering Saat Puasa

Kulit kering kerap memengaruhi rasa percaya diri. Tak hanya itu, riasan wajah atau make up pun menjadi tidak sempurna karena kulit tampak pecah-pecah dan mengelupas.

Ada beberapa penyebab kulit menjadi kering, di antaranya sering menggunakan air panas untuk mandi, menggunakan sabun dengan kandungan yang keras, dan kekurangan mineral dalam tubuh. Hal ini makin berpotensi terjadi saat berpuasa karena selama 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan air dan juga nutrisi.

Oleh karenanya, hal ini dapat membuat kelembapan pada kulit menurun, bahkan mengelupas. Dilansir dari Heartline, kamu dapat melakukan 5 hal ini, agar kulitmu tetap sehat walaupun sedang berpuasa:

(Baca juga: 10 Ide Menu Sehat untuk Buka Puasa) 

1. Menggunakan Minyak Kelapa Pada Kulit

(Minyak kelapa dapat mengatasi kulit kering. Foto: Dok/MedicalNewsToday)

 

Kandungan lemak baik dan juga minyak pada kelapa dapat melembapkan, membuat kulit lebih halus dan menutrisi kulit menjadi lebih sehat dan tampak lebih awet muda. Dengan mengoleskan minyak kelapa di kulitmu yang kering, dapat melunakkan kembali kulit dan mengembalikan kelembapan kulit.

 

2. Mengganti Sabun Dengan Oatmeal

(Oatmeal dapat menggantikan sabun saat mandi. Foto: Dok/pixabay)

 

Oatmeal memiliki antioksidan yang tinggi dan sangat baik untuk mengatasi pecah-pecah pada kulit. Bahkan, oatmeal memiliki anti inflamasi yang mampu menyembuhkan alergi dan iritasi pada kulit. Caranya pun mudah dan praktis, haluskan oatmeal hingga menjadi bubuk halus, kemudian gosokan pada badan seperti sedang menggunakan sabun. Atau kamu pun dapat menaburkannya pada bath up yang sudah terisi air untuk berendam. Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa menggunakan pelembap setelah mandi.

 

3. Konsumsi Buah dan Sayur Saat Sahur dan Berbuka

(Omega 3 dan antioksidan pada makanan dapat melembapkan kulit. Foto: Dok/Pexels.com)

 

Kulit yang kering diakibatkan oleh sel-sel kulit yang rusak dan sulit untuk diperbaiki tubuh dari dalam. Oleh sebab itu, kamu perlu merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan omega 3 dan antioksidan. Di antaranya, wortel, kacang almond, blueberry, tomat, salmon dan sayuran hijau lainnya. Selain mampu mengatasi kulit kering, dengan rajin makanan tersebut akan menyulap kulitmu tampak lebih glowing atau bersinar.

 

4. Hindari Mandi Air Panas

 

(Mandi dengan air panas dapat membuat kulit menjadi kering. Foto : Dok/FirstCry Parenting)

 

Mandi dengan air panas tentu mempengaruhi kelembapan pada kulit. Ketika kelembapan berkurang, kulit akan lebih sensitif dan mudah terserang alergi, bahkan pada sabun yang sering kamu gunakan. Oleh sebab itu, mengatur suhu air menjadi hangat dan tidak terlalu panas, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit.'

 

5. Gunakan Pelembap Kulit

(Menggunakan pelembap kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Foto: Dok/Pexels)

 

Dilansir dari Harvard Medical School, kulit sangat membutuhkan pelembap untuk menjaganya dari polusi udara dan sinar matahari yang dapat mengurangi kelembapan pada kulit. Dengan menggunakan pelembap sel-sel kulit dapat lebih lembap hingga 60 persen. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

448 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Fani Gamel 23 May 2019 | 23:24:00

saat puasa kulit akan terawat dan tak kering dg rahasia diatas

fathan Maulana 23 May 2019 | 17:10:19

rahasia supaya kulit terawat saat bulan puasa

Dhino Mar'vell 23 May 2019 | 16:19:34

eman banyak ya cara yang bisa dilakuin agar kulit tidak kering saat puasa

villa bintang 23 May 2019 | 13:40:37

terima kasih info sangat bermanfaat

Nur Hasanah 22 May 2019 | 15:32:24

terima kasih tips nya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top