Benarkah Makan Pasta Membantu Menurunkan Berat Badan?

11 April 2018 by
Benarkah Makan Pasta Membantu Menurunkan Berat Badan?

Uzone.id - Banyak orang suka pasta. Makanan asal Italia ini memiliki rasa yang unik, Bila sudah bercampur dengan saus yang khas. Lebih menariknya lagi, sebuah meta-analisis terbaru menemukan, bahwa makan pasta tidak berhubungan dengan kenaikan berat badan.

Meta-analisis ini diterbitkan di dalam jurnal BMJ Open. Para peneliti menganalisis data dari 29 penelitian dengan jumlah total responden sekitar 2500 orang. Para responden terbagi menjadi dua kelompok.

Pertama, kelompok responden yang mengonsumsi pasta sebagai karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Kedua, kelompok responden yang mengonsumsi karbihidrat lain yang memiliki indeks glikemik tinggi. Sebagai informasi, makanan dengan indeks glikemik rendah melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah.

Setelah sekitar 12 minggu, responden yang mengonsumsi pasta kehilangan berat badan sekitar setengah kilogram, dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi karbohidrat lain. Tapi temuan ini bukan merupakan anjuran untuk mengonsumsi pasta.

Para peneliti menekankan, bahwa temuan ini hanya berlaku untuk pasta dengan indeks glikemik rendah. Para peneliti juga mencatat, bahwa jumlah penurunan berat badan dalam penelitian tampak kecil dan tidak jelas apakah hal ini akan bertahan dalam waktu lama.

Sementara itu, Heather Mangieri, ahli gizi di Pittsburgh, yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut tidak mengejutkan. Meski demikian, pasta tetap bisa menjadi pilihan untuk diet.

"Jika pasta diolah dengan benar dan dicampur dengan sayuran yang kaya nutrisi dan protein tanpa lemak, itu bisa menjadi pilihan yang sangat sehat," kata Mangieri.

Namun kamu harus berhati-hati ketika mencampurkan pasta dengan saus. Mangieri mengungkapkan, “Jumlah kalori naik dengan cepat saat pasta digabungkan dengan saus, bakso yang tinggi lemak, dan roti.”

Jadi ketika makan pasta, kamu juga harus memperhatikan jumlah kalori dari bahan-bahan yang menjadi campuran pasta. Kalau mengonsumsinya dengan sayur, kamu akan mendapatkan manfaat yang lebih sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan.

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

123 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Veky Ustrada58 11 October 2019 | 05:02:15

hanya berlaku untuk beberapa merek pasta

Aki Hisa 11 August 2019 | 04:26:48

pasta bisa aja turun berat badan ya terganrung cara ngolahnya

Yama Sei 21 July 2019 | 02:20:50

pasta itu jumlah kalorinya tergantung dari bahan campuran nya ya

Dinda Fathir 06 July 2019 | 07:11:30

ini bisa saja benar membantu menurunkan berat badan

ta 20 April 2019 | 01:36:06

mun makanya nya se panci ya gabakal.turun

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top