Cara Terbaik Hindari Kuman dalam Perjalanan Liburan

29 December 2018 by
Cara Terbaik Hindari Kuman dalam Perjalanan Liburan

Momen libur akhir tahun telah di depan mata. Masuknya momen liburan berarti Anda juga akan menjadi salah satu dari banyak orang yang sibuk bepergian dengan pesawat, kereta api, atau bus untuk menghabiskan waktu bersama yang terkasih.

Namun, jangan sampai karena keasyikan berlibur lantas Anda lupa dengan kesehatan. Pasalnya, ruangan tertutup seperti deretan moda transportasi di atas sangat memungkinkan terjadinya penyebaran kuman yang ujung-ujungnya bakal meningkatkan risiko penyakit.

Akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut saat dalam perjalanan demi menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Lihat juga:
Persiapan 'Berburu' Liburan Murah Tahun Depan


1. Jaga tubuh dari kuman
Sebelum menjejakkan kaki di bandara, stasiun kereta api, atau terminal bus, Anda perlu berpikir bahwa tempat-tempat tersebut tak ubahnya ruang unit gawat darurat di rumah sakit.

"Anda berada di lingkungan yang padat. Anda dikelilingi orang-orang dengan tingkat kesehatan yang berbeda-beda. Anda tidak tahu siapa yang terinfeksi, dan Anda harus siap untuk hal-hal yang tidak terduga," ujar ahli mikrobiologi, Jason Tetro, mengutip Healthline.

Mikroba seperti virus, bakteri, dan jamur berasal dari tubuh manusia. Tak cuma menyebabkan flu, tapi ada pula kemungkinan patogen lain yang dapat menyebabkan masalah saluran pernapasan, sistem pencernaan, dan kulit.

Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan meja atau sandaran kepala pada kursi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih tangan dengan 64-60 persen etanol selama 15 detik.


Jangan lupa untuk tidak menaruh makanan di saku kursi, kecuali jika makanan itu tertutup.

Selain itu, gunakan syal untuk mencegah virus masuk ke saluran pernapasan Anda.

2. Cuci tangan dan ganti pakaian setelah perjalanan
Secara rata-rata, seseorang akan menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata sebanyak 5-16 kali per jam. Untuk menghindari penularan penyakit dari virus yang kebetulan menempel, Tetro menganjurkan Anda untuk mencuci tangan dengan sabun dan air.

Saat mencuci, ambil 30 detik untuk membersihkan sela jari-jari dan bagian bawah kuku. Pasalnya, tempat-tempat itu merupakan area bersembunyi kuman.

IlustrasiIlustrasi (Istockphoto/Vasyl Dolmatov)


Selain itu, Anda juga perlu langsung mengganti pakaian Anda. Tetro mengatakan bahwa saat mengenakan pakaian, seseorang akan menumpahkan 37 juta mikroorganisme dalam setiap jamnya.

Karena Anda tak pernah tahu jenis mikroba apa yang menempel di pakaian, akan lebih baik jika Anda langsung mengganti pakaian Anda dengan yang baru.

3. Makan sehat, olahraga, dan tidur sebelum perjalanan
Bangun sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan tidur berkualitas sebelum memulai perjalanan.


"Perlu diingat bahwa penularan penyakit itu akan tergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda sebelum bepergian," ujar ahli kesehatan, Natalie Sexton.

Mulai dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi dan serat yang berlimpah. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan.

Sexton menyarankan untuk memulai perjalanan Anda dengan sarapan sehat yang terdiri dari buah-buahan segar, jus, dan sayuran. "Ini akan memulai metabolisme Anda dan membuat Anda siap menghadapi kesibukan perjalanan," kata dia.

Selain itu, Sexton juga mengingatkan untuk tak lupa berolahraga. Olahraga, kata dia, tak hanya membantu memberikan energi pada tubuh, tapi ia juga meregenerasi tubuh dan melawan penyakit.

Selain makanan bernutrisi dan olahraga, tidur berkualitas pun dinilai penting. "Lakukan yang terbaik dengan tidur selama 6-8 jam," kata Sexton.

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2713 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
tn 01 May 2019 | 21:35:27

lebih baik sehat daripada sakit ya nggak?? wkwk

muhamad yasir 10 April 2019 | 14:06:37

harus slalu menjaga lebersiha

edy prasetyo 28 February 2019 | 15:30:49

harus selalu menjaga kebersihan

Taufik Risnoalamsyah 27 February 2019 | 18:29:34

sebelum berangkat bersihin dulu isi dalam mobil biar gak ada kuaman

Ala Neffx 26 February 2019 | 22:29:22

selain makanna bernutrisi fan olahraga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top