home ×
Health

Cegukan Gak Berhenti, Sandiaga Uno Stres?

18 April 2019 By
Cegukan Gak Berhenti, Sandiaga Uno Stres?
Uzone

 (Foto: Suara.com)

Uzone.id - Sekali cegukan mungkin terkesan lucu. Dua kali masih enggak apa-apa deh. Tapi kalau cegukan muncul lebih dari itu dan terus-menerus seperti yang terjadi pada Sandiaga Uno, pasti ganggu banget. 

Sandiaga Uno, calon wakil presiden nomor urut 02 tidak hadir dalam konferensi pers dan deklarasi kemenangan yang digelar Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sandiaga dikabarkan cegukan tanpa henti.

Gak cuma Sandiaga, setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Namun, apakah kamu tahu penyebab cegukan?

Mengutip WebMD, cegukan dapat terjadi karena banyak alasan. Mungkin yang umum diketahui itu kebanyakan berkaitan dengan fisik. Tapi ternyata cegukan juga bisa disebabkan oleh faktor emosional.

Baca juga: #Pemilu2019 Kuasai Trending Topic Dunia di Twitter

Biasanya, faktor penyebab cegukan yang berkaitan dengan fisik itu gak jauh-jauh dari soal minum terlalu banyak atau terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi atau terlalu banyak alkohol, perubahan suhu yang tiba-tiba, sampai mengunyah permen karet. Familiar lah ya, dengan deretan penyebab cegukan yang ini.

Nah, mungkin faktor penyebab cegukan yang masih belum diketahui oleh banyak orang adalah yang berkaitan dengan emosional. Kondisi gugup, bersemangat, atau stres bisa jadi penyebab cegukan, gaes.

Lalu, tentang cegukan tanpa henti, ini adalah kasus yang jarang terjadi. Penyebabnya, yaitu kerusakan pada saraf (yang berkaitan dengan rambut, gendang telinga, hingga sakit tenggorokan) yang terhubung ke diafragma.

Dalam kasus yang lebih serius, cegukan dalam jangka panjang berkaitan dengan tumor, gondok, atau kista di leher. Cegukan yang berlangsung lama juga bisa karena gangguan sistem saraf pusat atau gangguan metabolisme seperti diabetes atau gagal ginjal.

Lantas, sebenarnya apa penyebab Sandiaga Uno cegukan? Apakah dia stres atau penyebab lainnya? Apa pun penyebabnya, semoga Sandiaga Uno lekas sembuh.

 

486 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 24 October 2019 | 02:52:39

bahaya juga ya kalau cegukan terus menerus

pejuang 13 October 2019 | 15:00:08

mungkin cegukan nya harus diperiksa ke dokter

netti hasan 28 September 2019 | 23:19:51

gak enak juga ya kalau sering cegukan

Brain Stark 15 September 2019 | 03:57:46

ngga cuma dia mungkin semua orang juga begitu yak gaes

Eksel 553 14 September 2019 | 12:30:54

Ga cuma dia, mungkin semua orang juga begitu yak gaes

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article