Heboh Sereal Oatmeal Ternama Diduga Mengandung Glisofat Berbahaya

27 October 2018 by
Heboh Sereal Oatmeal Ternama Diduga Mengandung Glisofat Berbahaya

Baru-baru ini Environmental Working Group (EWG) merilis hasil uji 28 sampel sereal berbahan oat (oatmeal) dan camilan bar yang populer dengan merek General Mills dan Quaker, dan produk tersebut terbukti mengandung glifosat, bahan aktif yang digunakan dalam pembunuh gulma, dengan merek Roundup.

Dua produk dari keseluruhan sampel di atas, mengandung glisofat di atas batas aman untuk kesehatan yakni 160 ppb. Ironinya, dari dua produk tersebut, salah satunya adalah produk oatmeal merek Quaker yang banyak dikonsumsi masyarakat. Kelompok advokasi ini mengatakan bahwa kadar glisofat dalam Quaker Oatmeal Squares mencapai 18 kali lipat di atas batas aman rata-rata bagi kesehatan anak-anak.

Namun, pada beberapa varian Quaker seperti Quaker Instant Oatmeals Apples & Cinnamon, Quaker Breakfast Squares Soft Baked Bars Peanut Butter masih mengandung glisofat dalam batas aman bagi kesehatan seperti yang ditentukan oleh BPOM Amerika Serikat.

"Meski disebut masih dalam batas aman bagi kesehatan, bukan berarti kandungan tersebut boleh digunakan dalam makanan," ujar EWG.

WHO, dalam laporan 2015 menyebutkan bahwa herbisida glifosat bersama dengan insektisida malathion dan diazinon dapat bersifat karsinogenik pada manusia. Bahkan penggunaan zat malathion dalam makanan disebut-sebut bisa memicu limfoma non Hodgkin dan kanker prostat menurut hasil penelitian terbatas.

Setelah laporan ini dirilis Agustus lalu, para ahli kesehatan mengatakan konsumen harus tetap tenang dan mendorong lebih banyak penelitian sebelum menghentikan konsumsi beberapa makanan dengan merek populer ini.

"Kami mendorong penyelidikan lebih lanjut untuk membuktikan temuan dari EWG ini," ujar Scott Goldstein seorang dokter anak di Northwestern Children’s Practice.

Di sisi lain, Paul Pharoah, seorang profesor epidemiologi kanker di University of Cambridge di Inggris, mengatakan bahwa dugaan glifosat dapat meningkatkan risiko limfoma non-Hodgkin masih sangat lemah.

Pada bulan Agustus, baik General Mills dan Quaker Oats Company menanggapi temuan tersebut dengan menyatakan tingkat glifosat dalam produk sereal mereka tetap berada dalam kadar aman yang diatur oleh Badan Kesehatan Lingkungan. Mereka juga memastikan bahwa perusahaan tidak dengan sengaja menambahkan glifosat dalam proses pengolahan.

"Setelah oat diangkut ke pabrik, kami mendistribusikannya melalui proses yang ketat agar tidak terpapar zat kimia lainnya. Kami percaya bahwa temuan EWG tidak valid dan kami menjamin produk Quaker aman," ujar juru bicara Quaker seperti dilansir dari laman Newsweek

 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1872 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nungky Chand 18 January 2019 | 22:38:41

ih ada sereal yang terbukti mengandung glifosat

ta 18 January 2019 | 21:52:32

makanan yang sehat harus mengandung hal yang sehat

Cloteh Han 18 January 2019 | 20:05:58

selamat nggak pernah beli oatmeal

tsel 17 January 2019 | 22:24:49

ternyata walaupun makanan terkenal tapi juga bisa berbahaya

Arifien Official 16 January 2019 | 09:48:55

waduh jangan dimakan mang kalau bahaya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top