Ini Cara Sembuhkan Batuk Pilek dalam Semalam

14 October 2018 by
Ini Cara Sembuhkan Batuk Pilek dalam Semalam

 Batuk pilek merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh semua orang, terutama dalam kondisi cuaca yang tidak stabil. Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Seseorang yang sakit pilek biasanya juga mengalami batuk, pernapasan tidak lancar, dan suara serak. Kombinasi batuk pilek sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Batuk pilek yang disebabkan oleh infeksi virus ini umumnya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu. Tapi, beberapa cara ternyata bisa bantu sembuhkan batuk pilek secara instan, bahkan hanya dalam waktu semalaman. Mau coba?

1. Banyak minum air
Kondisi batuk pilek menyebabkan postnasal drip, yaitu kondisi yang terjadi ketika lendir (ingus) yang berlebihan menumpuk pada bagian belakang tenggorokan. Pada kondisi ini, pastikan diri Anda terhidrasi dengan baik untuk membantu menipiskan lendir akibat postnasal drip. Memperbanyak minum akan membantu menjaga selaput lendir tetap lembap. Beberapa bukti klinis mengatakan bahwa minum teh hangat dengan madu juga bisa menenangkan tenggorokan.

2. Mengisap permen Lozenges
Permen pelega tenggorokan ini mengandung menthol sehingga bisa membantu meredakan hidung tersumbat, nyeri tenggorokan, serta mengurangi refleks batuk.

3. Berendam air hangat
Mandi air hangat tidak hanya membantu mengurangi batuk pilek, tapi juga alergi. Bagi beberapa orang, penggunaan humidifer alias mesin pelembap udara juga bisa membantu meringankan gejala batuk dan pilek. Pasalnya, alat ini bisa melembapkan ruangan saat udara kering.

4. Minum obat batuk
Ketika semua cara di atas tidak membantu, Anda bisa beralih ke obat batuk yang banyak dijual bebas di toko obat. Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung dekongestan. Dekongestan membantu meredakan hidung tersumbat dengan mengecilkan jaringan hidung yang bengkak serta mengurangi produksi lendir. Obat dekongestan hadir dalam sediaan pil, sirup, serta semprotan hidung.

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1074 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Yama Sei 21 May 2019 | 02:19:12

ga mungkin kayaknya pilek bisa sembuh dalam waktu semalam walu dengan cara apapun

tri 03 May 2019 | 00:36:05

minum obat batuk dan istirahat yang cukup untuk menyembuhkan nya

Dita Baymax 26 February 2019 | 10:49:19

wah bisa dicoba ini...

Ahmad Shodiq 23 February 2019 | 20:09:55

bermanfaat banget nih caranya yah

Ali Rofi 23 February 2019 | 17:05:45

wah udah gue coba biasanya kok gak bisa yah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top