Kacang Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

16 May 2018 by
Kacang Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Duh, bandel amat sih ini jerawat, kok gak ilang-ilang sih?

Kamu mungkin pernah menggerutu kayak gitu saat kulit wajah terpapar jerawat. Baik itu jerawat papula maupun pastula.

Tentu saja, jerawat sangat mengganggu penampilan. Yang seharusnya punya wajah mulus, jerawat jadi mengganggu pemandangan mata dan bikin gak nyaman.

Ingin jerawat hilang secepat kedipan mata, kita suka mengambil jalan pintas dengan memencet jerawat satu per satu.

Tapi, itu bisa nambah parah loh. Tangan yang mengandung bakteri malah bisa bikin wajah makin rusak setelah terjadi iritasi.

Kita malah harus mengeluarkan uang untuk mendatangi dokter atau membeli obat-obatan yang bisa menjinakkan jerawat.

Nah, daripada menyembuhkan, lebih baik kita merawat kulit dong. Dan, tak sedikit loh gaes, orang begitu percaya kalau jerawat muncul akibat makan kacang. Itu mitos atau fakta, sih?

Untuk jelasnya, Uzone.id sengaja mewawancarai dr. Euginia cindy Juliani dari ID Beauty Clinic untuk mendapat penjelasan ilmiah.

Menurut Cindy, sapaan akrabnya, jerawat timbul karena ada penyumbatan pori-pori di wajah. Hal itu biasanya ada kotoran atau sebum atau minyak hingga bikin bakteri penyebab jerawat mudah berkembang biak.

Orang mengartikan kalau makan kacang itu tinggi lemak sehingga mereka berpikiran kalau ada lemak di kacang itu jerawatan.

"Tapi sebenarnya bukan gitu sih. jadi kacang itu punya kandungan yang biasa disebut omega 3, omega 3 itu sendiri baik untuk kulit karena omega 3 itu bisa membuat kulit kelihatan awet muda.

"justru yang bisa membuat kulit berjerawat itu terdapat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah kita. misalnya wajah yang berminyak banget," kata Cindy.

Dia menambahkan, selain kandungan minyak di kulit berlebihan bisa timbulkan jerawat, kulit wajah terpapar polusi udara yang kotor juga jadi salah satu faktornya.

"(Kotoran) itu menumpuk terus menyebabkan penyumbatan di pori-pori sehingga jerawatan, jadi antara kacang dan jerawatan itu sebenarnya sih, itu mitos ya," tandas dia.

Apa Reaksi Anda ?

Love
65%

Suka

Laugh
12%

Lucu

Surprised
23%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

549 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Achmad Kardi 18 September 2019 | 10:34:46

wuhh gal sabar bamget nunggu fortnite season 10 rilis

Sriani pudji 18 September 2019 | 10:27:56

Virgin Galactic, dan startup-startuplain yang bergerak di bidang luar angkasa,

Gani Purwanto 18 September 2019 | 10:27:35

Virgin Galactic, dan startup-startuplain yang bergerak di bidang luar angkasa,

johan feriONE 11 September 2019 | 09:58:19

kalau aku sih percaya saja

Daijah Ritoh 10 September 2019 | 16:34:50

kalau buat aku sihh fakta soalny aq merasakanya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top