Waduh, Kurang Tidur Bikin Kondisi Otak Mirip Mabuk Alkohol

08 November 2018 by
Waduh, Kurang Tidur Bikin Kondisi Otak Mirip Mabuk Alkohol

Kurang tidur memiliki banyak dampak negatif. Bahkan menurut pakar, kurang tidur membuat kondisi otak tidak stabil, mirip saat seseorang mabuk minuman beralkohol.

Pakar kesehatan tidur Dr. Guy Leschnizer mengatakan kurang tidur membuat fungsi otak menurun, termasuk fungsi kognitif, fungsi pengendalian emosi, dan fungsi pengambilan keputusan. Ciri-ciri ini menurutnya mirip dengan kondisi otak saat seseorang mabuk minuman beralkohol.

"Jika Anda siaga hingga 20 jam berturut-turut, otak tentu akan kelelahan. Kondisi ini berbahaya, mirip ketika Anda mengemudi dalam kondisi mabuk," ujar Leschnizer, dikutip dari Health24.

Hal ini menurut Leschnizer berkaitan dengan perubahan komposisi hormon yang ada di otak. Saat kurang tidur, otak akan terpolusi dengan hormon kortisol penyebab stres.

Di sisi lain, kadar hormon dopamin dan serotonin yang berhubungan dengan rasa bahagia dan senang akan berkurang.

Tingginya hormon stres membuat otak menjadi sulit fokus dan memberi perhatian atas hal-hal yang terjadi di sekitar.

Terlebih, kurangnya kandungan serotonin di otak membuat proses pengambilan keputusan memburuk, karena rendahnya kemampuan otak untuk menganalisis.

"Anda juga akan lebih sulit untuk mengingat nama dan kata sandi, karena fungsi memori yang turun saat kurang tidur," tandasnya.

Nah, karena itu hindari kondisi kurang tidur yang bisa menurunkan fungsi otak ya.

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
33%

Sedih

Angry
0%

Marah

2155 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
tri 25 April 2019 | 09:37:00

emang gitu kalok kurang tidur suka pusing

RENDI PANCA SAPUTRA 08 April 2019 | 06:57:44

emang bener kalau gak tidur pasti kaya orang mabuk

Aris saputra 08 April 2019 | 03:50:11

iya sya sering merasakan sensasinya rasanya pusing

Fendi Robertino 05 April 2019 | 02:01:04

ya selama bisa istirahat, istirahatkanlah tubuh kita

Bowo Tiktok 02 April 2019 | 19:30:31

gua sering nih kalo tidur biasanya ampe jam 1malam dulu baru tidut

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top