Memandang Payudara 10 Menit Tiap Hari Bikin Panjang Umur, Mitos atau Fakta?

17 September 2019 by
Memandang Payudara 10 Menit Tiap Hari Bikin Panjang Umur, Mitos atau Fakta?

Panjang umur hingga lanjut usia merupakan keinginan semua orang. Saking inginnya panjang umur, tak jarang hal-hal aneh pun dilakukan.

Salah satunya, memandang payudara 10 menit setiap hari yang dipercaya bisa membuat lelaki panjang umur. Klaim ini populer di forum dan kerap dibagikan di media sosial. Namun, benarkah klaim tersebut?

Berita ini populer di sejumlah media dan blog, pada tahun 2015-2016. Bunyi narasinya kurang lebih seperti ini:

"Sebuah studi yang dilakukan di Jerman belum lama ini menemukan, menatap payudara wanita selama 10 menit sehari ternyata dapat meningkatkan rentang hidup Anda dalam lima tahun.

Seperti diberitakan Times of India, Selasa (26/1/2016), penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine itu menunjukkan, orang-orang yang kerap menatap payudara wanita bisa hidup lebih lama. Studi ini mengklaim, 10 menit melirik bagian tubuh wanita setara dengan latihan gym 30 menit.

Gerontologist Dr Karen Weatherby menjelaskan, keinginan seksual seperti menatap payudara wanita menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih baik. Hal ini juga berarti kesehatan akan terjaga.”

Penelusuran Suara.com:

Situs Times of India yang memuat berita ini mengutip laman Weekly World News. Setelah ditelusuri, Weekly World News merupakan tabloid yang kerap menerbitkan berita fiktif, dengan tema supranatural maupun paranormal.

Tabloid ini berhenti beredar sejak tahun 2007. Penelusuran nama Dr Karen Weatherby dengan tambahan kata kunci New England Journal of Medicine pun tidak memberikan hasil ilmiah.

Lama Turnbackhoax.id melakukan pencarian lebih mendalam, dan menemukan Pada 31 Mei 2000, situs snopes.com sudah pernah melakukan periksa fakta terhadap klaim ini dan menyatakan klaim ini sebagai klaim “False” atau klaim yang salah.

Pada 26 Oktober 2016, situs hoaxes.id juga melabeli klaim dengan label “Hoax” dengan penjelasan yang lebih detail terkait asal muasal klaim yang sudah banyak dimuat oleh media online dan situs-situs blog di Indonesia ini.

Ilustrasi berita hoax. (Shutterstock)
Ilustrasi berita hoax. (Shutterstock)

Irwan Rosmawan, penulis pada situs hoaxes.id menjelaskan bahwa artikel itu adalah hasil tulisan ulang dengan sedikit perubahan yang berputar dalam dua waktu dalam tabloid Fountain of Truth, Weekly World News (13 Mei 1997 dan 21 Maret 2000), artikel itu akhirnya semakin liar dan berkembang hingga diterbitkan oleh banyak media online.

Kesimpulan: HOAX

Tidak benar memandang payudara selama 10 menit bisa membuat lelaki panjang umur. Tidak ditemukan pula jurnal ilmiah yang menerbitkan penelitian ini, sehingga tidak bisa dijadikan rujukan ilmiah.

Jika ingin panjang umur, lakukanlah gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang, rutin olahraga 150 menit perminggu, serta mengelola stres dengan baik.

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

268 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ambleeh Majukenamundurkena 15 October 2019 | 23:32:29

memandang payudara besar setiap hari Sabtu tanggal lima Mei dua ribu tahun yang lalu saya pernah di sini pasti akan keramaian kota Tegal Jawa tengah Indonesia vs Malaysia misi balas dendam kepada ASET

archan somchart 12 October 2019 | 07:33:50

itu mah hoax kalau kita memandang buah dada dari perempuan bisa memperpanjang umur kita para lelaki

Putri Safitri 10 October 2019 | 14:41:10

mitos bgt ini . saya tidak percaya

Aditya Rizaldi 09 October 2019 | 20:42:11

kok bisa yah sungguh aneh sekali

Code ERROR 404 07 October 2019 | 23:20:05

menurut saya hal itu sangat salah kaprah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top