6 Gejala Lupus, Penyakit yang Menyerang Selena Gomez

22 March 2018 by
6 Gejala Lupus, Penyakit yang Menyerang Selena Gomez

­Uzone.id - Akhir tahun lalu, Selena Gomez menjalani operasi transplantasi ginjal karena penyakit lupus yang menyerangnya. Dia menyampaikan hal itu lewat akun Instagram pribadinya.

Lupus merupakan penyakit inflamasi kronis sistemik yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru, sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri.

 

I’m very aware some of my fans had noticed I was laying low for part of the summer and questioning why I wasn’t promoting my new music, which I was extremely proud of. So I found out I needed to get a kidney transplant due to my Lupus and was recovering. It was what I needed to do for my overall health. I honestly look forward to sharing with you, soon my journey through these past several months as I have always wanted to do with you. Until then I want to publicly thank my family and incredible team of doctors for everything they have done for me prior to and post-surgery. And finally, there aren’t words to describe how I can possibly thank my beautiful friend Francia Raisa. She gave me the ultimate gift and sacrifice by donating her kidney to me. I am incredibly blessed. I love you so much sis. Lupus continues to be very misunderstood but progress is being made. For more information regarding Lupus please go to the Lupus Research Alliance website: www.lupusresearch.org/ -by grace through faith

A post shared by Selena Gomez (@selenagomez) on

 

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2017) mengungkapkan Penyakit lupus sebagian besar menyerang perempuan usia produktif (15-44 tahun).

Meski demikian, kaum laki-laki, serta kelompok anak dan remaja juga dapat terkena lupus.

Masih dari sumber yang sama, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah penderita lupus di seluruh dunia mencapai lima juta orang.

Sementara itu, dari sekitar 1.250.000 orang Indonesia yang terkena penyakit lupus sangat sedikit yang menyadari bahwa dirinya menderita penyakit lupus.

Gejala lupus memang sangat bervariasi—mulai dari penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas sampai ruam.

Akibatnya, jarang sekali pasien yang dating ke rumah sakit dengan gejala lupus yang jelas. Meski demikian, tidak adalah salahnya kamu mengetahui gejala apa saja yang perlu kamu waspadai.

Ruam seperti kupu-kupu

Ruam kemerahan ini bisa muncul di pipi hingga hidung, dengan pola seperti kupu-kupu. Menurut ahli, ini merupakan salah satu manifestasi paling umum dari lupus. Kamu bisa mengalami gejala ini ketika berada di bawah sinar matahari.

 

Nyeri sendi

Nyeri sendi terjadi pada sekitar 70 persen pasien, dan sering menjadi salah satu manifestasi pertama dari lupus. Tapi, ini tidak sama dengan penyakit rematik atau rheumatoid arthritis.

Masalah pada ginjal

Ini adalah salah satu komplikasi utama dari penyakit lupus. Sistem kekebalan tubuh mulai menyerang ginjal. Ada beberapa kasus yang sampai memerlukan operasi transplantasi ginjal seperti yang terjadi pada Selena Gomez.

Kelelahan

Kelelahan datang bersama gejala lupus yang lainnya. Jika keluhan ini membuat kamu tidak mampu beraktivitas, kamu perlu menemui dokter. Demam juga bisa terjadi pada penderita lupus.

Anemia

Baik karena jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang, atau karena volume darahnya kurang. Ini bisa terjadi karena antibodi mulai menyerang sel darah merah pada tubuh kamu.

Berat badan turun tanpa alasan yang jelas

Kehilangan berat badan karena alasan yang tidak jelas bisa menjadi indicator sejumlah penyakit serius, termasuk kanker dan lupus. Jadi jangan langsung senang kalau berat badan turun, padahal kamu sedang tidak diet.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
100%

Sedih

Angry
0%

Marah

230 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Conor kenway 03 July 2019 | 11:57:29

duh kasian ya selena gomes smoga xpet smbuh.

er nel 01 July 2019 | 15:10:06

Akhir tahun lalu, Selena Gomez menjalani

Dwi Nur Cahyo 24 June 2019 | 23:17:21

lupus sering terjadi oleh perempuan dan sebagian nya laki laki untung gua laki jagang sampe kena penyakit kaya ginian lah amin

Fery Setyadi 18 June 2019 | 07:30:08

penyakit yang menyerang selena gomes adalah lupus

bendrik wijaya 18 June 2019 | 07:28:26

semoga cepat sembuh ya dari penyakit

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top