Pentingnya Ganti Kaus Kaki dan Sepatu Setelah Olahraga!

10 February 2019 by
Pentingnya Ganti Kaus Kaki dan Sepatu Setelah Olahraga!

Setelah olahraga, tubuh pasti penuh dengan keringat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal ini membuat rambut, baju, sampai sepatu biasanya menjadi basah dan lembap karena berkeringat. Nah, jika biasanya Anda hanya ganti baju saja, mulai sekarang sebaiknya ganti sepatu setelah olahraga. Mengapa harus begitu?

Kenapa harus ganti sepatu setelah olahraga?

setelah berolahraga

Tak hanya sepatu, kaus kaki pun juga perlu diganti setelah olahraga. Kaki memiliki kelenjar keringat yang membuatnya sangat mudah basah ketika suhunya mulai panas seperti saat berolahraga. Hal ini membuat kaus kaki dan sepatu lebih lembap dari biasanya.

Tahukah Anda apa bahayanya saat kaki dibiarkan lembap terlalu lama? Anda rentan terserang masalah kulit seperti infeksi jamur. Ini karena daerah yang lembap menjadi tempat ideal untuk jamur dan bakteri berkembang biak.

Oleh sebab itu, Anda wajib ganti sepatu setelah olahraga, tak lupa berikut dengan kaus kakinya, ya, agar kaki tetap kering. Dengan menjaga kaki tetap kering, Anda akan terhindar dari infeksi jamur seperti kutu air. Jika kaki sudah terserang kutu air, kulit akan terasa gatal, melepuh, iritasi, kering, dan mengelupas.

Dikarenakan kutu air termasuk penyakit menular maka penyakit yang satu ini bisa muncul dan berkembang di bagian tubuh lainnya selain kaki. Biasanya infeksi dengan mudah menyebar saat Anda menggaruknya kemudian menyentuh bagian tubuh yang lain tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Kutu air membuat kaki sangat tidak nyaman dan cukup mengganggu aktivitas serta kualitas istirahat Anda. Oleh karena itu, mengganti sepatu dan kaus kaki setelah olahraga wajib Anda lakukan setiap selesai berolahraga. Untuk itu, bawalah sepatu atau sandal dan kaus kaki ganti setiap kali Anda berolahraga di pusat kebugaran atau luar rumah.

Cuci kaki hingga bersih setelah olahraga

merendam kaki pakai garam

Selain wajib mengganti kaus kaki dan sepatu setelah olahraga, Anda disarankan untuk membersihkan kaki terlebih dahulu. Keringat yang menempel di kaki saat olahraga telah bercampur dengan kuman dan kotoran. Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci kaki dengan sabun dan air mengalir setelah berolahraga.

Setelah itu, keringkan kaki dan sela-selanya dengan tisu atau handuk kering. Pastikan kaki telah bersih dan benar-benar kering sebelum Anda kembali menggunakan alas kaki baik sepatu maupun sandal. Anda juga bisa menjaga kebersihan sepatu dan kesehatan kaki dengan menaburkan bubuk antijamur  untuk menghambat pertumbuhan jamur dan spora.

The post Yuk, Tengok Pentingnya Ganti Kaus Kaki dan Sepatu Setelah Olahraga! appeared first on Hello Sehat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

4224 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kasnah Lesmana 23 February 2019 | 18:07:02

untuk menjaga kesehatan tubuh karna keringat keluar

Fauzi Ahmad 23 February 2019 | 17:57:38

harus ganti lah supaya tidak bau dan lembab

Fadilah 23 February 2019 | 17:26:09

penting ganti kaus kaki dan sepatu setelah olahraga

Unun unun 23 February 2019 | 16:06:58

Apa manfaatnya Ganti kaus kaki Dan sepatu setelah olahraga

Andri Andrian 23 February 2019 | 16:04:03

saya sering buang sepatu sama kaus kaki setelah olahraga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top