Riset: Jogging Sejenak Bisa Menajamkan Pikiran Mahasiswa

13 October 2018 by
Riset: Jogging Sejenak Bisa Menajamkan Pikiran Mahasiswa

Bila kamu para mahasiswa yang sedang dalam mood atau pikiran yang tidak baik ketika mengerjakan tugas, cobalah jogging sejenak. Soalnya, siapa yang sangka kalau jogging selama 15 menit ternyata dapat menajamkan pikiran?

Sebagaimana dilansir Research Digest, riset yang dilakukan Fabian Legrand dan peneliti lain menunjukkan bahwa latihan aerobik ringan seperti jalan cepat atau jogging memiliki manfaaat langsung bagi fungsi mental.

Riset ini dilakukan terhadap 101 mahasiswa yang dites menggunakan dua tes kognitif. Tes itu salah satunya melibatkan Trail Making Test, di mana mahasiswa mesti menarik garis antara angka dan huruf yang tersedia secepat dan seakurat mungkin.

Sebelum melakukan tes tersebut para mahasiswa diminta untuk mengisi kuisioner seberapa energik dan bersemangat mereka. Lalu setelah melakukan tes, separuh dari mereka diminta melakukan jogging di sekitar kampus selama 15 menit, separuhnya lagi diminta berdiam diri untuk relaksasi.

Dua menit setelah aktivitas itu, para mahasiswa diminta untuk mengisi kuisioner yang sama. Kemudian mereka kembali diminta untuk melakukan tes kognitif.

Hasilnya, para mahasiswa yang melakukan jogging mengalami peningkatan pada hasil Trail Making Test. Artinya, mereka juga mengalami peningkatan pada kontrol kecepatan dan perhatian karena tes ini memang berfungsi untuk mengukur kedua aspek itu.

Ditambah lagi, selain mengalami peningkatan kognitif, setelah melakukan jogging para mahasiswa ini juga mengalami peningkatan pada perasaan energik dan semangat mereka. Berbeda dengan yang hanya melakukan relaksasi, mereka merasakan hal sebaliknya.

Jadi, jika kamu para mahasiswa sedang pusing mengerjakan tugas jangan malah banyak relaksasi, ya. Keluarlah dari ruangan lalu jogging sejenak agar pikiranmu makin tajam setelahnya.

Selamat mencoba!

Penulis: Agaton Kenshanahan

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1252 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
tri 03 May 2019 | 00:38:10

dilansir Research Digest, riset yang dilakukan Fabian Legrand dan peneliti

Robi Afrian doni 10 March 2019 | 10:45:33

semoga bermanfaat ya gess

Ahmad Shodiq 24 February 2019 | 13:31:25

emang joging tefasa enak karna dapat membesar

Enggar Srrutt 22 February 2019 | 19:10:12

wah mkasih infonya

Enggar Srrutt 22 February 2019 | 19:08:37

jogging sejenak cukup 15 menit aja bisa menajamkan pikiran mahasiswaa

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top