Sering Dipakai untuk Bikin Kolak, Ini 5 Manfaat Ubi Jalar

04 June 2018 by
Sering Dipakai untuk Bikin Kolak, Ini 5 Manfaat Ubi Jalar

Uzone.id-Ubi jalar merupakan salah satu bahan untuk bikin kolak. Keberadaan ubi jalar di dalam kolak akan memberikan rasa yang nikmat, yang tidak bisa digantikan oleh bahan lain termasuk singkong. Meski manis, ubi jalar tergolong makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Tidak hanya itu. Ubi jalar juga mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Berikut ini lima manfaat ubi jalar seperti Uzone.id kutip dari Live Science.

Kesehatan jantung

Ubi jalar adalah sumber vitamin B6 yang baik, gaes. Vitamin ini bertugas mengurai homocysteine, zat yang berkontribusi terhadap pengerasan pembuluh darah. Demikian menurut Harvard University School of Public Health.

Kandungan potasium di dalam ubi jalar juga bagus untuk jantung kamu, gaes, karena dapat menurunkan tekanan darah. Sementara itu, kalium pada ubi jalar merupakan elektrolit penting dalam membantu mengatur detak jantung kamu.

Mengontrol gula darah dan mempertahankan energi di dalam tubuh

Bahan makanan yang satu ini memang manis. Namun, menariknya, ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, ubi jalar melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah, sehingga memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan menjaga kadar gula darah.

Sedangkan, penganan lain yang juga manis berbahan dasar tepung dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Di samping itu, ubi jalar merupakan sumber mangan yang baik. Mangan membantu memetabolisme karbohidrat. Dengan demikian, kadar gula darah terkontrol dengan sehat. Bahkan, hal ini dapat menjaga nafsu makan kamu.

Mengelola stres

Menurut Los Angeles Department of Public Health, ubi jalar mengandung magnesium, mineral yang memberikan rasa rileks setelah kamu mengalami tekanan selama di kantor. Dengan demikian, hal ini dapat memperbaiki suasana hati, serta bagus untuk kesehatan pembuluh darah arteri, tulang, otot, dan saraf.

Kekebalan tubuh

Vitamin A dan E yang ada di dalam ubi jalar dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini juga merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit. Sementara itu, ubi jalar berwarna oranye mengandung lebih banyak vitamin A. Sedangkan, ubi jalar ungu memiliki antioxidant anthocyanin yang bermanfaat  bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu meredakan gangguan peradangan.

Kulit dan rambut

Vitamin A pada ubi jalar juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Demikian menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical Cancer Research (2004). Vitamin C dan E juga berperan dalam regenerasi kulit dan kolagen.

Apa Reaksi Anda ?

Love
82%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
18%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

301 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar Channel 22 April 2019 | 03:51:10

wah ternyata bermanfaat juga untuk kulit dan rambut ya

Oga Herdiawan 14 February 2019 | 20:14:34

manfaat ubi jalar Emang sangat bagus bagi kesehatan kita

am. mau 03 February 2019 | 06:36:45

nah jadi mulai sekarang perbanyak makan kolak biji salak ya

tsel 31 January 2019 | 07:25:51

ubi jalar sangat enak lo apa lagi digoreng

꧁yus꧂ 17 January 2019 | 20:49:25

ubi jalar memang sangat bagus untuk kesehatan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top