Olahraga Berlebihan Justru Bikin Depresi?

14 August 2018 by
Olahraga Berlebihan Justru Bikin Depresi?

Uzone.id – Selama tidak berlebihan, olahraga itu baik untuk kesehatan mental kamu. Demikian menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di The Lancet Psychiatry.

Mengutip WebMD, analisis data terhadap 1,2 juta orang di Amerika Serikat ini menemukan bahwa kondisi mental yang buruk jarang terjadi pada orang-orang yang aktif secara fisik.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kamu akan mendapatkan manfaat lebih besar bila aktif selama 45 menit—sebanyak tiga sampai lima kali seminggu.

Baca: 7 Kiat Mengasah Kecerdasan Anak

Penelitian ini melibatkan 75 jenis aktivitas fisik, mulai dari sports (aktivitas fisik yang membutuhkan keterampilan tertentu, dan terkadang bersifat kompetitif), exercise (aktivitas fisik yang direncanakan untuk mencapai target tertentu), mengasuh anak, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan memotong rumput.

Team sports, bersepeda, aerobik, dan beraktivitas fisik di pusat kebugaran dikaitkan dengan minimnya kondisi kesehatan mental yag buruk. Hal ini mungkin terjadi, karena orang-orang yang melakukan kegiatan tersebut bersama orang lain.

via GIPHY

Sementara itu, orang yang aktif tiga sampai lima kali seminggu memiliki kesehatan mental yang lebih baik, daripada yang sedikit meluangkan waktu untuk berolahraga.

Lantas, penelitian ini juga menemukan bahwa durasi beraktivitas fisik juga memengaruhi kondisi mental. Berolahraga lebih dari tiga jam sehari memiliki dampak yang lebih buruk bagi kesehatan mental, daripada berolahraga selama 30-60 menit sehari.

Namun, penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat dari kedua hal itu.

Baca: 5 Makanan yang Bisa Memperburuk Suasana Hati Kamu

"Sebelumnya, orang percaya bahwa semakin banyak beraktivitas fisik, semakin baik kesehatan mental seseorang. Tetapi penelitian kami menunjukkan hal sebaliknya," kata penulis studi, Adam Chekroud. Dia juga merupakan asisten profesor psikiatri di Yale University.

Para peneliti mengatakan bahwa beraktivitas fisik lebih dari 23 kali sebulan atau lebih dari 90 menit dikaitkan dengan kesehatan mental yang buruk.

Apa Reaksi Anda ?

Love
92%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
8%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1995 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
kecya 24 August 2019 | 07:48:57

gaya hidup sehat juga penting sekarang ini

trie 18 May 2019 | 01:18:12

segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik

nda 14 April 2019 | 23:05:38

wah apa iya saya akan mencobalah karena seprtinya seru

U Rahmat 02 March 2019 | 20:19:46

kalau berlebihan pasti depresi jd beban

The Comments 15 February 2019 | 09:21:25

mungkin karna kelelahan juga jadi mereka strees

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top