Tips Menyusui Bayi Kembar: 4 Hal yang Harus Diperhatikan

22 June 2017 by
Tips Menyusui Bayi Kembar: 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Memiliki bayi kembar merupakan sebuah harapan besar beberapa pasangan. Wajah bayi yang lucu akan membuat semua orang terkesima, kesamaan wajahnya akan menimbulkan kesan unik tersendiri.

Meskipun terkesan asyik dan menyenangkan, namun nyatanya merawat bayi kembar tidaklah semudah seperti kebanyakan orang bayangkan. Ibu yang memiliki anak kembar tentunya lebih mengalami kesulitan dan kerepotan dibandingkan dengan satu anak.

Salah satu hal yang dirasa cukup sulit dan merepotkan bagi ibu yang memiliki bayi kembar yaitu ketika memberikan ASI. Lantas, hal apa saja yang harus diperhatikan saat menyusui bayi kembar?

Tips menyusui bayi kembar

Seperti yang Anda telah ketahui, pemberian ASI eksklusif harus dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan. ASI merupakan makanan utama dan pertama untuk bayi. Selama masa ini ibu dituntut secara rutin untuk memberikan ASI kepada bayinya demi keperluan pertumbuhan dan perkembangan bayi itu sendiri. Setelah bayi berusia 6 bulan, ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI sebagai pelengkap nutrisi bayi yang semakin tumbuh dewasa.

Bagi Anda yang memiliki bayi kembar tentunya harus ‘memutar otak’ mengenai bagaimana ia bisa memberikan ASI kepada bayi-bayinya. Dalam keadaan ini, ibu pemilik bayi kembar harus mengetahui tips menyusui bayi kembar agar terasa ringan dan mudah. Berikut ini tips menyusui bayi kembar yang bisa dilakukan.

1. Posisi menyusui

Menyusui bayi dengan posisi menyangga kepala (the clutch or football hold)

Pemberian ASI pada bayi kembar bukanlah hal mudah. Sebagai seorang ibu, Anda harus memiliki cara tersendiri dalam memberikan ASI untuk kedua bayi Anda sehingga si kembar bisa nyaman dan tenang ketika menyusu.

Kondisi yang nyaman dalam pemberian ASI memiliki peran penting dalam kelancaran selama proses menyusui. Posisi pertama yang bisa dilakukan ketika menyusui bayi kembar yaitu dengan posisi menyangga kepala bayi.

Anda bisa menyangga kedua kepala bayi Anda dengan menggunakan telapak tangan. Sementara itu tubuh bayi diselipkan di bawah kedua tangan Anda. Jika Anda menyusui bayi dengan payudara kanan, Anda bisa memegangnya dengan menggunakan tangan kanan. Begitu pun sebaliknya.

Anda bisa meletakan bayi Anda di atas penyangga atau bantal, atau di pangkuan. Sangga bagian leher, bahu dan kepala bayi dengan menggunakan tangan. Arahkan mulut bayi, biarkan kaki bayi menjulur ke belakang.

Menyusui bayi dengan menggendong (the cradle hold)

Anda bisa memeluk kedua bayi Anda, tempatkan kepala bayi Anda pada lekuk siku tangan. Sementara itu, Anda bisa tempatkan kepala bayi yang akan menyusu pada payudara kanan, Anda bisa meletakannya pada siku tangan kanan, serta posisi bokong bayi ada pada telapak tangan. Anda bisa melakukan cara yang sama dengan meletakan bayi yang lainnya di tangan sebelah kiri.

Menyusui dengan posisi gabungan

Memberikan ASI pada bayi kembar juga bisa dengan menggabungkan kedua posisi di atas. Berikan ASI pada satu bayi dengan cara menggendong, sedangkan untuk bayi yang lainnya dengan menyangga kepala.

Anda bisa melakukan cara ini bergantian agar bayi Anda merasa nyaman, karena posisi yang nyaman akan memperlancar dalam proses pemberian ASI. Dalam merawat bayi kembar orang tua harus bisa adil terhadap keduanya karena ada kalanya bayi merasa cemburu jika orang tuanya hanya memperhatikan salah satu di antara mereka.

2. Menyusui si kembar dalam waktu bersamaan

Meskipun sulit, tetapi menyusui bayi kembar secara bersamaan memang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan guna menghindari dan mencegah rasa cemburu antara bayi yang satu dan yang lainnya. Selain itu, menyusui secara bersamaan juga dapat menghemat tenaga.

3. Menyusui secara bergiliran pada payudara

Sebaiknya susui bayi anda secara bergiliran. Hindari membiarkan bayi Anda menyusu pada payudara yang sama terlalu lama. Hal ini dilakukan agar pemberian ASI pada bayi kembar Anda bisa seimbang dan juga menjaga agar produksi ASI pada kedua payudara tetap seimbang.

4. Memompa ASI

Apabila Anda merasa letih menyusui bayi, maka Anda bisa memompa ASI pada payudara Anda. Anda bisa meminta bantuan suami atau keluarga lainnya untuk memberikan ASI kepada si kembar.

Intinya, menyusui bayi kembar adalah masalah kenyamanan, baik itu untuk ibu maupun bayi. Dalam pemberian ASI pada bayi kembar disarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar kebutuhan bayi Anda pun terpenuhi. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat guna menghindari terjadinya masalah kesehatan pada kedua bayi. Jika ada masalah pada payudara Anda, sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan untuk segera diobati agar kegiatan menyusui bayi kembar Anda kembali lancar.

The post Tips Menyusui Bayi Kembar: 4 Hal yang Harus Diperhatikan appeared first on Hello Sehat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
83%

Suka

Laugh
17%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

100 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Tonny Yanto 23 February 2019 | 21:44:17

tips nya sangat membantu bagi yang menyusui bayi kembar

Vanhouten Donny 22 February 2019 | 19:37:29

tips nya sangat membantu bagi yang menyusui bayi kembar

Ratno Yanto 21 February 2019 | 19:19:35

tips nya sangat membantu bagi yang menyusui bayi kembar

Donny Yanto 20 February 2019 | 22:36:19

tips nya sangat membantu bagi yang menyusui bayi kembar

Tommy Yanto 20 February 2019 | 18:58:54

tips nya sangat membantu bagi yang menyusui bayi kembar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top